Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apple iOS 14 akan berikan lebih banyak perlindungan privasi





Flimitz.my.id - Pengguna iPhone akan menerima akses ke sistem operasi seluler terbaru Apple, iOS 14. Itu akan datang dengan serangkaian fitur baru yang mengkilap seperti biasa, tetapi pengubah permainan yang sebenarnya akan hilang - setidaknya hingga Januari.

 Untuk pertama kalinya, iOS 14 mewajibkan aplikasi untuk mendapatkan izin dari pengguna sebelum mengumpulkan datanya - memberi pengguna keikutsertaan untuk kompromi ini terhadap privasi mereka.

 Hal ini menyebabkan reaksi keras dari perusahaan yang mengandalkan data ini untuk menghasilkan uang, terutama Facebook.  Jadi mengapa Apple memutuskan untuk membahayakan model bisnis saingan utama dan pengiklan mereka, dan apakah penundaan itu akan membuat perbedaan?

 Pukulan balasan

 Keikutsertaan bukan satu-satunya perubahan di iOS 14 yang memberi pengguna lebih banyak perlindungan privasi, tetapi paling menarik perhatian.  Para pegiat privasi akan memuji langkah tersebut, tetapi reaksi dari bisnis media beragam.  Orang-orang seperti badan perdagangan penerbitan online Amerika, Digital Content Next, mengira hal itu berpotensi menguntungkan anggota.

 Namun Facebook memperingatkan keikutsertaan tersebut dapat mengurangi separuh pendapatan penerbit pada platform periklanannya, sementara beberapa penerbit sangat khawatir.  Pemilik situs berita Inggris Mail Online, DMG Media, mengancam akan menghapus aplikasinya dari App Store.

 Apakah penerbit menang atau kalah sangat bergantung pada model bisnis dan basis pelanggan mereka.  Model penerbit dalam menjual produknya kepada konsumen dan ruang penjualan kepada pengiklan telah rusak parah oleh internet.  Semua konten online gratis menurunkan penjualan fisik, yang pada gilirannya mengikis pendapatan iklan.

 Beberapa publikasi, seperti The Times di Inggris, berhasil mengubah pembaca menjadi pelanggan online, tetapi sebagian besar tidak.  Akibatnya, pendapatan iklan online menjadi sangat penting bagi sebagian besar penerbit - terutama periklanan berdasarkan perilaku atau bertarget, yang menampilkan iklan yang berbeda kepada pemirsa yang berbeda pada halaman yang sama sesuai dengan faktor-faktor seperti lokasi, browser, dan situs web mana yang telah mereka kunjungi.  Iklan yang mereka lihat ditentukan oleh pedagang iklan, yang seringkali adalah Google.

 Terlepas dari pentingnya periklanan perilaku bagi penerbit online, mereka menerima kurang dari 30% dari apa yang dibayar pengiklan.  Sebagian besar sisanya masuk ke Google dan Facebook.

 Kekuatan kedua perusahaan ini berasal dari perdagangan iklan, dan karena mereka memiliki banyak platform tempat konten penerbit dikonsumsi - baik itu Facebook, Instagram, YouTube atau mesin pencari Google - dan menjual iklan di belakang data pengguna.  Untuk meningkatkan pendapatan iklan perilaku di situs mereka sendiri, penerbit dibiarkan menarik banyak pemirsa melalui clickbait atau konten yang menghasut, atau menarik pelanggan berharga yang sulit dijangkau melalui konten khusus.

 Clickbait cenderung mengecewakan pelanggan, terutama yang berpendidikan tinggi, sementara konten khusus cenderung menjadi waktu yang terlalu kecil untuk penerbit media besar.  Alasan beberapa penerbit menyambut kepindahan Apple adalah karena hal itu dapat memberi mereka lebih banyak kendali atas iklan lagi, tidak hanya melalui penjualan iklan bergambar yang lebih tradisional tetapi juga dengan mengembangkan aliran lain seperti langganan dan konten bermerek.

 Misalnya, New York Times melihat pendapatan iklannya meningkat ketika membuang iklan bertarget untuk mendukung tampilan online tradisional di Eropa pada tahun 2018 untuk mengatasi pembatasan perlindungan data GDPR.  Sebaliknya, reaksi DMG Media terhadap iOS 14 adalah karena ia mengumpulkan dan menjual data pelanggan di aplikasi Mail Online, dan juga menggunakan konten dengan nilai kejutan untuk menarik pengunjung dan pengiklan.

 Politik privasi

 Faktor penting lainnya adalah meningkatnya tanda-tanda penolakan terhadap iklan yang sangat bertarget.  Dengan pengguna online yang semakin mengkhawatirkan privasi online, mereka cenderung tidak terlalu terlibat dengan iklan, yang mengurangi pendapatan 'penerbit'.  Mereka mungkin juga berhenti mengunjungi situs yang menampilkan iklan bertarget.

 Hal ini terutama berlaku untuk pengguna yang lebih berpendidikan, sehingga membatasi pengumpulan data dapat membantu penerbit yang melayani orang-orang ini.  Iklan online juga menarik lebih banyak klik saat pengguna mengontrol datanya, jadi ini bisa menjadi nilai jual bagi pengiklan.

 Secara lebih umum, menjadikan iklan bergambar tradisional lebih penting akan menguntungkan penerbit besar, karena mereka memiliki lebih banyak pemirsa untuk dijual kepada pengiklan;  tetapi juga mereka yang memiliki pemirsa khusus yang jelas (misalnya Financial Times), karena mereka menawarkan cara yang bagus bagi pengiklan untuk menjangkau orang-orang ini.

 Iklan online mewakili 99% pendapatan Facebook, jadi penolakannya tidak mengherankan.  Iklan online juga penting untuk pendapatan Google, meskipun kurang, dan Google juga bertaruh pada semakin pentingnya privasi konsumen dengan membatasi pengumpulan data juga - misalnya, oleh situs web pihak ketiga di browser Chrome.

 Perspektif Apple

 Apple memiliki sedikit keuntungan di sini dalam jangka pendek.  Bahkan mungkin rugi jika orang-orang seperti Mail Online meninggalkan platform.  Tapi ini bukan langkah jangka pendek.

 Apple ingin dikenal karena beberapa hal, seperti antarmuka yang ramah pengguna.  Ia juga dikenal karena tidak mengumpulkan dan mengeksploitasi data pengguna secara agresif, dan membela privasi konsumen.

 Menyusul skandal Cambridge Analytica, yang mengungkap praktik privasi Facebook yang longgar, CEO Apple Tim Cook dengan terkenal mengatakan bahwa perusahaannya tidak akan pernah memonetisasi informasi pelanggan karena privasi adalah hak asasi manusia.  IOS 14 yang tidak berbahaya cocok dengan pendekatan ini.  Ini membantu Apple membedakan dari pesaing.  Ini melindungi perusahaan dari skandal privasi.  Dan itu membantu mengembangkan kepercayaan pelanggan.

 Selain itu, Apple tidak perlu mengeksploitasi data pelanggan.  Pendapatan Apple sebagian besar berasal dari produk perangkat keras dan lisensi perangkat lunak.  Model bisnis ini membutuhkan investasi awal yang besar dan inovasi yang konstan, tetapi sulit untuk ditiru (karena paten, kapasitas teknis dan bakat) dan menciptakan hambatan yang tinggi untuk masuk.

 Oleh karena itu, keputusan Apple untuk menunda keikutsertaan hingga Januari bukan merupakan tanda bahwa Apple mungkin mundur dari fitur tersebut.  Privasi adalah inti Apple, dan pangsa pasar aplikasi perusahaan sedemikian rupa sehingga pada akhirnya tidak mungkin merasa terancam oleh penarikan beberapa penerbit.  Penundaan tersebut hanya membuat Apple terlihat masuk akal pada saat melawan tuduhan perilaku monopoli dan praktik tidak adil.  Jadi, penerbit harus bersiap-siap untuk perubahan signifikan dalam ekosistem aplikasi, suka atau tidak suka.

Post a Comment for "Apple iOS 14 akan berikan lebih banyak perlindungan privasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel